Powered By Blogger

Monday 23 April 2012

Kisah Sejarah El Clasico Duel Real Madrid vs Barcelona


Kisah Sejarah El Clasico Duel Real Madrid vs BarcelonaCerita politik antara perlawanan rakyat Catalan dengan pemimpin Spanyol dimulai pada tahun 1934, pada mas itu Spanyol dipimpin Francisco Franco. Francisco Franco mengambil alih kekuasaan di Spanyol setelah kaum nasionalis dengan bantuan komunis Uni Sovyet dalam sebuah perang saudara di Spanyol.
Pada masa kepemimpinannya, Franco begitu menyiksa warga Catalan karena warga Catalan belum tulus menjadi bagian dari Negara Spanyol. Barcelona yang saat itu adalah ibukota provinsi Catalonia menjadi tempat berkumpul bagi orang-orang Catalan dimana pada saat itu Franco melarang penggunaan bahasa Catalan. Pemberontakan ini membuat Franco marah. Di lapangan sepakbola sendiri terlihat jelas bahwa Franco lebih mendukung Madrid yang dianggap perwakilan dari kaum bangsawan Spanyol.
Jadi, El Clasico sendiri bukan hanya duel antara Madrid dan Barca, tetapi juga menjadi semacam perlawanan bangsa Catalan terhadap pemerintah Spanyol saat itu. Sejak saat itu, rivalitas Barcelona dan Real Madrid semakin menjadi, baik di dalam pertandingan, maupun bursa transfer pemain. Bahkan yang makin mengejutkan, penduduk Spanyol juga ikut-ikutan terpecah dalam hal sebagai pendukung kedua klub ini.
via: http://barunews.com/kisah-sejarah-el-clasico-duel-real-madrid-vs-barcelona/#.T5T9TnqKtIs

No comments:

Post a Comment